Riset Unggulan (Memiliki Impact Factor)

Staff akademik berpartisipasi secara aktif dalam pengembangan riset secara internasional dengan menerbitkan artikel di jurnal internasional secara rutin. Beberapa artikel telah dimuat di beberapa jurnal internasional bereputasi seperti: Journal of Financial Stability, Research in International Business and Finance, Asia‐Pacific Economic Literature, Asian Review Accounting, Economics Bulletin, Social Responsibility Journal, Australasian Accounting Business and Finance Journal, dan International Journal of Business Governance and Ethics.

Selain itu, tidak sedikit dari para peneliti kami yang mendapatkan hibah penelitian dari berbagai organisasi internasional yang bereputasi seperti USAID, AUSAID, PHC ‐ France, dan Research and Higher Education Ministry.

Penelitian kami telah berhasil memberikan jawaban atas beberapa pertanyaan penting, antara lain:


  1. Apakah hubungan politik penting di sektor perbankan di Indonesia? Bank dengan koneksi politik lebih mudah dalam memperoleh dana dibandingkan dengan bank yang tidak memiliki koneksi politik.
  2. Apakah yang menyebabkan bank net interest margin begitu tinggi di Indonesia? Hal ini disebabkan oleh karena struktur dari portofolio pinjaman yang ada.
  3. Apakah determinan dari financial deepening yang terjadi di Indonesia? Penyebab utama adalah kualitas dari pemerintah daerah.
  4. Bagaimanakah efek dari keterlibatan keluarga dalam pengambilan keputusan di perusahaan? Kontrol keluarga memiliki efek negatif terhadap kinerja perusahaan.
  5. Apakah bank asing memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan bank lokal? Bank asing dapat beroperasi dengan biaya yang lebih rendah dan lebih efisien yang sangat penting dalam penciptaan contestable market.