Fasilitas Pembelajaran

Perpustakaan

UNS berfokus pada peningkatan peluang kerja dari lulusan dengan menyediakan berbagai fasilitas belajar mengajar. Dalam hal literatur, UNS menyediakan akses yang luas ke berbagai jurnal internasional dan koleksi buku yang dapat dengan mudah dijangkau di gedung perpustakaan pusat kami yang baru. Kami juga telah mengintegrasikan sambungan internet kampus dengan jurnal internasional yang kami langgan sehingga ketika civitas akademika terhubung ke jaringan wifi mereka dapat secara langsung login ke seluruh jurnal internasional yang kami langgan.

Kami juga telah mengembangkan program perpustakaan online (UNSLA-UNS Library Automation) sehingga civitas akademika dapat dengan mudah mengakses koleksi buku perpustakaan melalui jaringan internet. Jaringan perpustakaan online ini juga memberikan akses ke seluruh karya ilmiah civitas akademika berupa artikel jurnal, skripsi, disertasi, dan hasil penelitian.

 

International Office

Sebagai sebuah universitas dengan keragaman yang tinggi, baik dari segi nasional maupun internasional, kegiatan belajar mengajar kami didukung oleh sebuah International Office dan pusat bahasa. UNS international office befungsi sebagai pusat dari seluruh kegiatan internasional, baik berupa pertukaran pelajar, orientasi mahasiswa asing, maupun Cultural Night yang diselenggarakan setiap tahun.

Pusat Bahasa (UPTP2B)

Bagi sebuah universitas dengan diversifitas yang tinggi, UPT P2B menyediakan dukungan dalam hal komunikasi. Unit ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa, staff, masyarakat umum, untuk mempelajari berbagai bahasa asing. Unit ini juga sering mengadakan berbagai lomba terkait dengan kebahasaan, termasuk lomba pidato Bahasa Jawa dan Bahasa Indonesia.

Berbagai jasa yang ditawarkan oleh unit ini antara lain pelatihan bahasa asing (Inggris, Perancis, Jepang, Mandaring, Jerman, dan Belanda), BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing), pusat test bahasa asing (TOEFL, TOEIC, IELTS, dan HSK), jasa penerjemahan dokumen, pelatihan pengelolaan SAC (Self Assessment Centre), technical assistance, lab bahasa, dan konsultasi pengembangan kurikulum, silabus, materi pembelajaran, pengajaran, dan evaluasi bahasa asing.

Fasilitas Kesenian, Budaya, dan Entertainment

UNS memiliki  Auditorium dengan fasilitas yang lebih dari memenuhi syarat untuk  kegiatan baik akademik maupun kegiatan entertaintment seperti pentas  seni ataupun konser musik. Perlengkapan Karawitan, perlengkapan musik  modern, serta marching band juga menjadi sarana kegiatan mahasiswa dalam  mengekspresikan diri dalam bidang kesenian dan kreatifitas. 

 UNS Cultural Night diadakan setiap tahun sejak tahun 2013 di gedung Auditorium FEB UNS.

 

Internship and Career Development (ICD/CDC)

Untuk mendukung lulusan dalam mengembangkan ketrampilan mereka sebelum memasuki dunia kerja, kami memiliki unit khusus yang disebut ICD/CDC. Unit ini bertugas dalam menyelenggarakan berbagai training dan informasi terkait kesempatan kerja. Unit ini juga bertanggung jawab dalam penyelenggaraan kegiatan magang mahasiswa.

Gedung Pusat Kemahasiswaan

Sebagai  bentuk komitmen UNS dalam memberikan jaminan kebebasan berorganisasi  dan berserikat kepada mahasiswa, UNS membangun gedung sebagai  sekretariat Unit Kegiatan Mahasiswa baik untuk tingkat Universitas  maupun di tiap-tiap fakultas. Selain itu untuk memberikan kemudahan  bagi mahasiswa yang berasal dari luar daerah, UNS menyediakan Asrama  Mahasiswa dengan fasilitas hunian yang lengkap dan nyaman bagi  mahasiswa. Asrama Mahasiswa dapat dihuni oleh mahasiswa dengan biaya yang terjangkau.

Fasilitas Kesehatan

Sebagai bentuk perhatian UNS pada kesehatan, UNS  mendirikan sebuah fasilitas kesehatan dengan nama Medical Centre.  Selain bertugas melayani civitas akademika UNS, Medical Centre juga melayani  pemeriksaan kesehatan dari warga sekitar UNS sebagai salah satu wujud  Pengabdian Pada Mayarakat. Terdiri dari 4 divisi yaitu; Kesehatan Umum,  Gigi, THT, dan Mata, UNS Medical Center didukung oleh dokter-dokter dan  tenaga medis yang profesional yang sekaligus staf pengajar di Fakultas  Kedokteran UNS. Selain sebagai pusat pelayanan kesehatan, UNS-MC juga  berfungsi sebagai sarana penunjang kegiatan belajar mengajar bagi  mahasiswa S1 Fakultas Kedokteran dan mahasiswa S2 Kedokteran Keluarga.

Pihak-pihak yang dapat memanfaat layanan UNS-MC adalah mahasiswa, karyawan, dosen, dan masyarakat sekitar kampus.

Information Technology Support Unit

UNS  berkomitmen untuk membangun fasilitas yang berbasis Teknologi Informasi untuk civitas akademika UNS. Fasilitas yang sudah dikembangkan adalah  jaringan Internet baik di tingkat Universitas maupun di tiap-tiap  fakultas. UNS juga mengembangkan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) yaitu sistem pendidikan yang berbasis teknologi informasi sehingga  proses registrasi mahasiswa maupun Konsultasi Rencana Studi sudah dapat  dilakukan secara online. Hal ini tentu saja dapat meningkatkan  efisiensi, baik terhadap dosen maupun mahasiswa dalam hal kegiatan  akademik.

Untuk mengantisipasi civitas  akademika yang tidak memiliki notebook, UNS telah menyediakan Self  Access Terminal (SAT), yaitu tempat melakukan aktifitas berinternet dengan  menggunaka PC Desktop. Karena jumlah PC yang masih terbatas, maka untuk  memanfaatkan fasilitas tersebut, civitas UNS dipungut biaya yang sangat murah untuk menghindari terjadinya monopoli penggunaan PC Desktop.

Fasilitas Olahraga

Sebagai bentuk perhatian kami pada kegiatan olahraga bagi mahasiswa, kami menyediakan sebuah stadium sepak bola bertaraf nasional lengkap dengan tribun penonton, ruang ganti pemain, dan lintasan atletik. Kami juga menyediakan arena olahraga tertutup untuk olahraga-olahraga di dalam ruangan seperti voli, badminton, basket, dan futsal. Bagi peserta kegiatan olahraga beladiri seperti Karate, Taekwondo, Ju Jit Su, dan Pencak Silat, mahasiswa dapat menggunakan Pusat Kegiatan Mahasiswa untuk latihan rutin.