Admisi

Overview 

Pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan terpusat oleh panitia SPMB Universitas mulai dari pendaftaran sampai dengan keputusan mahasiswa yang diterima. Kemampuan yang diujikan dalam ujian tertulis adalah kemampuan Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik, Matematika, Bahasa Indonesia, dan Pengetahuan Umum. Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran klik disini.

Program Diploma
Program Sarjana
Pasca Sarjana
Program Diploma

Pendaftaran

Terdapat tiga jalur pendaftaran program diploma yaitu:

  • Jalur PMDK (50% dari total quota)
  • Jalur Ujian Tulis Mandiri (25% dari total quota)
  • Jalur Ujian Tulis UMB PT (25% dari total quota)

Untuk jadwal pendaftaran PMDK, Ujian tulis mandiri, dan Ujian tulis UBM PT dapat dibuka di jadwal.

Informasi mengenai prosedur pendaftaran dapat dilihat di Pendaftaran.

 

Pembiayaan

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas (FEB UNS) Maret mulai 2013 menetapkan biaya pendidikan berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT). Informasi lebih lanjut mengenai UKT untuk program diploma dapat dilihat di biaya pendidikan

Apabila calon mahasiswa terkendala dengan biaya kuliah, maka calon mahasiswa bisa mendaftar beasiswa Bidik Misi. Setalah diterima sebagai mahasiswa, anda dapat mengajukan beasiswa yang ditawarkan oleh bidang kemahasiswaan fakultas ataupun universitas. Informasi mengenai beasiswa yang ditawarkan dapat dilihat di website Bagian Kemahasiswaan UNS (http://sibea.mawa.uns.ac.id/).

Program Sarjana

Pendaftaran

Terdapat tiga jalur pendaftaran program sarjana yaitu:

  • Jalur SNMPTN (50% Quota)
  • Jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 40% Quota
  • Jalur UMB-PT (Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi) 10% Quota

Untuk jadwal pendaftaran SNMPTN, SBMPTN, dan UBM PT dapat dibuka di sini.

Informasi mengenai prosedur pendaftaran dapat dilihat di prosedur.

 

Pembiayaan

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas (FEB UNS) Maret mulai 2013 menetapkan biaya pendidikan berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT). Informasi lebih lanjut mengenai UKT untuk program sarjana dapat dilihat di sini.

Apabila calon mahasiswa terkendala dengan biaya kuliah, maka calon mahasiswa bisa mendaftar beasiswa Bidik Misi. Setalah diterima sebagai mahasiswa, anda dapat mengajukan beasiswa yang ditawarkan oleh bidang kemahasiswaan fakultas ataupun universitas. Informasi mengenai beasiswa yang ditawarkan dapat dilihat di website Bagian Kemahasiswaan UNS (http://sibea.mawa.uns.ac.id/).

Pasca Sarjana

Overview

Calon mahasiswa/i adalah lulusan S1 adalah lulusan S1 Akuntansi, atau S1 Ilmu Ekonomi atau Bidang lain (multidisplin) dengan kriteria tertentu dapat dipertimbangkan sebagai calon. Calon Mahasiswa/i harus mengikuti Tes Potensial Akademik (TPA) dari OTO BAPPENAS dengan skor minimal 450 dan Test of English as a Foreign Language (TOEFL) dengan skor minimal 450.

Untuk Program Double Degree Magister Akuntansi, calon mahasiswa/i harus merupakan lulusan S1 Akuntansi (linear) dan syarat nilai minimal tes TPA (450) & IELTS (6,5) Calon mahasiswa/I harus lulus ujian masuk dengan materi ujian: Akuntansi Keuangan, Akuntansi Biaya dan Manajemen, Pengauditan, Sistem Informasi Akuntansi

Calon mahasiswa/I adalah Warga Negara Indonesia (WNI) atau Warga Negara Asing (WNA) yang mendapat ijin dari pihak yang berwenang.

Prosedur pendaftaran:

  1. Melakukan pendaftaran online melalui website http://spmb.uns.ac.id. (khusus Magister Manajemen: http://mm.uns.ac.id). Membayar biaya pendaftaran melalui Bank BTNatas nama Rektor UNS nomor rekening 01.30.000128.4 dengan mencantumkan nomor pendaftaran dan keterangan pendaftaran program yang diinginkan.
  2. Paling lambat 3 (tiga) hari setelah melakukan pendaftaran online. Calon membayar/mentransfer biaya pendaftaran sebesar:
    • Rp 600.000,- untuk Magister dan
    • Rp 800.000,- untuk Doktor di seluruh Kantor Cabang BTN dengan menuliskan Nama dan Nomor Pendaftaran Program S-2 atau S-3 pada Slip Setoran. Apabila lebih dari 3 (tiga) hari setelah pendaftaran online tidak melakukan pembayaran, maka data yang telah diisi di internet akan dihapus.
  3. Paling lambat 7 (tujuh) hari sebelum tanggal ujian dilaksanakan, Calon mahasiswa melakukan verifikasi data dan menyerahkan /mengirimkan:
    1. Kuitansi/bukti asli setoran biaya pendaftaran seleksi mahasiswa baru PPS UNS dari Bank BTN,
    2. Formulir Lamaran (dapat diunduh pada http://www.spmb.uns.ac.id) dengan dilampiri:
    3. Copy ijasah (S-1/S-2) dan transkrip akademik yang dilegalisir oleh Fakultas/Universitas asal Sarjana (S-1)/Magister (S-2) nya bagi PTN, dan Kopertis bagi lulusan PTS, atau yang berwenang.
    4. Surat rekomendasi dari pihak yang mengetahui kemampuan akademik calon, sedapat mungkin Pembimbing Akademik (PA) atau dosen pembimbing skripsi.
    5. Daftar riwayat hidup (curriculum vitae), mencakup data diri, riwayat pendidikan, pekerjaan, dan karya ilmiah (jika ada).
    6. Surat ijin belajar tertulis dari instansi tempat bekerja (bagi yang sudah bekerja).
    7. Surat keterangan sehat dari dokter.
    8. Surat keterangan jaminan sanggup membiayai studinya sampai selesai baik dari diri sendiri maupun dari instansi tempat kerja atau sponsor.
    9. Sampul Formulir Lamaran untuk Magister (S-2) berwarna biru, sedangkan untuk Doktor (S-3) berwarna kuning.
    10. Khusus untuk program MESP:
      1. Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program magister, yang berisi:
      2. Alasan mengikuti program magister. 
      3. Harapan yang diinginkan dalam mengikuti program magister dan rencana yang dilakukan setelah menyelesaikan program ini.

*selanjutnya akan menerima Kartu Tanda Peserta Tes (Tempat sesuai dengan pembagian program studinya)

  1. Mengikuti tes masuk sesuai jadwal yang telah ditetapkan panitia.

 

Biaya Kuliah

Biaya kuliah dapat dilihat disini.