14 Jul 2020

Webinar Kampus Merdeka Bahas Pemagangan Mahasiswa di Pemerintahan, Swasta dan BUMN

Pemagangan mahasiswa merupakan bentuk sinergi dan dukungan semua pihak yang mengacu kepada Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI nomor 36 tahun 2016 tentang Pemagangan di dalam negeri.  Tujuan dari pemagangan adalah untuk pengayaan wawasan dan keterampilan mahasiswa serta untuk mempersiapkan dan menciptakan SDM Indonesia  yang unggul terutama dalam menghadapi persaingan global.

Bagi perguruan tinggi, pemagangan berguna sebagai kalibrasi link dan match kurikulum serta silabus antara yang disampaikan di perguruan tinggi dengan yang dibutuhkan oleh industri sedangkan bagi industri, pemagangan menjadi sumber rekrutasi karyawan sesuai kebutuhan serta untuk meningkatkan company branding bagi perusahaan.

Hal itu disampaikan Dewi Kurnia Salwa, SH, M.Psi T, Vice President Human Capital PT Pertamina Hulu Indonesia, salah satu narasumber Webinar Kampus Merdeka yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas  Maret (FEB UNS), Selasa 23/6/2020.

Selanjutnya disampaikan, PT Pertamina memiliki dua  program pemagangan, yakni pemagangan kerja untuk mahasiswa yang telah lulus selama 6 bulan dan kerja praktek untuk mahasiswa yang belum lulus , basisnya adalah untuk mensupport penulisan tugas akhir. Di tahun 2020, Pertamina menerima 20000 mahasiswa untuk mengikuti magang. Pertamina juga menerbitkan sertifikat magang berguna untuk membekali mahasiswa untuk mencari pekerjaan usai lulus studi.

“Banyak mahasiswa yang secara nilai akademik tinggi, pada saat intereview bagus, namun ketika masuk dalam dunia kerja, masuk ke dalam tim kerja mengalami kendala . Dengan magang, mahasiswa banyak memperoleh pengalaman,  dikenalkan dengan dunia kerja untuk pengembangan individual competency dan organizational competency. ” paparnya.

Dua pembicara lain, Ubaidi Socheh Hamidi yang diwakili oleh Fathul Kamil Tumbriyantoro dari Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan dan Eny Rahma Zaenah, SE, MM, CEP PT tiga Serangkai Inti Corpora menjelaskan tentang program pemagangan  mahasiswa di di pemerintahan dan swasta. (Humas)

Editor: Drs. BRM. Bambang Irawan, M.Si.