Visi

Menjadi Program Studi S2 Ekonomi Pembangunan yang Berkinerja Tinggi dan Berkelanjutan  di Tingkat Nasional dan Internasional berlandaskan nilai-nilai luhur budaya nasional pada tahun 2021

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran pada derajat pasca sarjana (S2) yang berkualitas  dalam bidang  S2 Ekonomi Studi Pembangunan baik keilmuan maupun terapan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap bersaing dikancah nasional dan internasional.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang berkualitas yang dapat diterbitkan pada jurnal terakreditasi nasional dan jurnal internasional berreputasi serta bermanfaat bagi pengembangan keilmuan dan kehidupan masyarakat berdasarkan etika ilmiah
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berkualitas dan berorientasi pada upaya pemberdayaan masyarakat atas dasar penerapan dan pengembangan S2 Ekonomi Studi Pembangunan

Semester 1

  • Ekonomi Mikro Madya
  • Ekonomi Makro Madya
  • Ekonometrika
  • Ekonomi Pembangunan
  • Ekonomi Publik

Semester 2

  • Metodologi Penelitian
  • Ekonomi Kelembagaan
  • Ekonomi Industri
  • Perencanaan Pembangunan Wilayah
  • Analisis Keuangan Daerah
  • Kebijakan Moneter Dalam Pembangunan
  • Kebanksentralan
  • Ekonomi Pertanian dan Agribisnis
  • Pembangunan Masyarakat Desa
  • Ekonomi Sumber Daya Manusia dan Pembangunan
  • Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan

Semester 3

  • Seminar Proposal Tesis
  • Seminar Kemajuan Riset, dan Naskah Publikasi
  • Seminar Hasil, dan Karya Publikasi
  • Tesis

Daftar Dosen aktif mengajar S2 MESP

  1. Prof. Dr. JULIANUS JOHNNY SARUNGU, M.S
  2. Prof. Dr. YUNASTITI PURWANINGSIH, M.P
  3. Prof. Dr. MUGI RAHARDJO, M.Si
  4. Dr. GUNTUR RIYANTO, M.Si
  5. MULYANTO, S.E., M.E., Ph.D
  6. Dr. EVI GRAVITIANI, S.E., M. Si
  7. Dr. SURYANTO, S.E., M.Si
  8. Dr. SITI AISYAH TRI RAHAYU, S.E.,M.Si
  9. Dr. AGUSTINUS SURYANTORO, M.Si
  10. TRI MULYANINGSIH, S.E., M.Si., Ph.D
  11. LUKMAN HAKIM, S.E., M.Si., Ph.D
  12. Dr. ALBERTUS MAQNUS SOESILO, M.S
  13. Dr. VINC. HADI WIYONO WS, M.A
  14. Dr. AHMAD DAEROBI, M.S
  15. BHIMO RIZKY SAMUDRO, S.E., M.Si,.Ph.D

Keunggulan

  1. Akreditasi A
  2. Jadwal pembelajaran di hari Jumat dan Sabtu
  3. Memiliki Training and Workshop di perguruan tinggi mitra di luar negeri
  4. Memiliki riset kolaborasi dengen perguruan tinggi mitra di luar negeri
  5. Memiliki program Academic Visiting ke perguruan tinggi luar negeri untuk menjalin kemitraan

Kerjasama

Prodi telah menjalin kerjasama dengan banyak Instansi Kepemerintahan dan swasta, misalnya: Pemerintah Kabupaten Pacitan, Pemerintah Kabupaten Salatiga, DPPKA Kab. Ngawi, DPPKA Kab. Ngawi, BAPPEDA Kab. Ponorogo, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo , BAPPENAS, Waroeng Special Sambal “SS” Yogyakarta , PT Bank Mandiri Syariah, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Ponorogo dsb. Kerjasama diarahkan pada riset/ penelitian maupun berbagai kegiatan bimtek

Fasilitas

Untuk mendukung penyelenggaraan program pendidikan dan pengajaran, pembimbingan, penelitian, dan pemanfaatan hasil penelitian untuk keperluan masyarakat, Prodi Magister Ekonomi Pembangunan FEB Universitas Sebelas Maret telah menyediakan sarana dan prasarana serta manajemen infrastruktur sebagai berikut:

  • Peralatan Ruang Kuliah

Program Magister Ekonomi Pembangunan adalah program S-2 yang dikelola di bawah naungan FEB Universitas Sebelas Maret. Saat ini, sarana dan prasarana perkuliahan menggunakan Gedung IV (Gedung Pascasarjana) FEB Universitas Sebelas Maret, dengan jumlah ruangan kuliah yang didukung oleh laboratorium komputer, sarana LCD, AC,  ruang sidang ujian, ruang aula, sehingga peralatan kuliah memadahi untuk proses pembelajaran. Di samping itu, tersedia meja kursi untuk mahasiswa dan dosen serta di setiap ruang kuliah dilengkapi dengan papan tulis beserta alat tulis dan penghapus, LCD, OHP beserta layar, jam dinding, dan air conditioner (AC). Selain itu, di ruang kuliah yang luas (aula) disediakan peralatan sound system yang memadai untuk memberikan kenyamanan kepada mahasiswa dalam mengikuti proses pembelajaran.

  • Peralatan Kantor

Untuk menunjang pelaksanaan tugas-tugas dalam pengelolaan, setiap ruang kantor baik untuk pengelola (pimpinan) dan staf administratif difasilitasi dengan peralatan kantor yang memadai. Peralatan yang tersedia di setiap ruang kantor, meliputi: meja, kursi, komputer, printer, lemari arsip, AC, telepon, faksimile, dan jam dinding. Ruang pimpinan juga difasilitasi meja kursi tamu, meja kursi untuk rapat, dan faksimili.

  • Bahan Pustaka dan Sarana Lainnya

Perpustakaan merupakan salah satu fasilitas utama yang disediakan. Koleksi perpustakaan tersebut, antara lain: buku teks, jurnal ilmiah, tesis, dan majalah serta koran di bidang bisnis. Di samping itu, disediakan juga publikasi dari lembaga-lembaga yang relevan dengan bidang bisnis, seperti publikasi dari Bank Indonesia dan publikasi dari Bursa Efek Indonesia (BEI).

Dari waktu ke waktu koleksi perpustakaan diperbaharui untuk menyesuaikan dengan perkembangan ilmu dan praktik bisnis dan manajemen. Fasilitas lain yang juga disediakan adalah akses internet bagi mahasiswa. Selain  bahan pustaka di Perpustakaan Pusat Universitas Sebelas Maret. Perpustakaan Pusat juga menyediakan fasilitas CD Room yang bermanfaat untuk menunjang kebutuhan mahasiswa atas artikel-artikel ilmiah di bidang bisnis.

  • Peralatan Laboratorium

Laboratorium (lab.) yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa adalah lab. komputer yang dimiliki oleh FEB Universitas Sebelas Maret yang berada di Lantai II Gedung IV  & Gedung V FEB Universitas Sebelas Maret. Lab. ini bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan akademik mahasiswa. Jumlah komputer yang tersedia di lab. tersebut kurang lebih 200 unit PC dan akan terus diperbaharui baik dari jumlah serta kualitasnya. beberapa fasilitas seperti: Internet dan free hotspot area, Fasilitas pendukung penyelenggaraan program pendidikan dan pengajaran, perpustakaan daan berbagai  Jurnal elektronik yang lengkap baik jurnal internasional maupun  nasional, fasilitas kantin, fasilitas kesehatan, fasilitas ibadah, dan lain sebagainya.

Prospek Kerja Lulusan

  1. Tenaga pengajar/dosen
  2. Analisis/konsultan
  3. Wirausaha ekonomi kreatif

Akreditasi dan rankings

BAN PT terakreditasi A dengan skor 362 tertanggal 26 September 2015 dengan Surat Keputusan BAN-PT No 1018/SK/BAN-PT/Akred/M/IX/2015 tentang Nilai dan Peringkat Akreditasi Program Studi pada Program Magister

Alumni

Pembentukan himpunan alumni MESP sudah dibentuk pada 30 November 2010. Pembentukan himpinan Alumni MESP tersebut berlangsung di The Sunan Hotel bersamaan dengan acara Seminar Nasional. Himpunan Alumni MESP tersebut diketuai oleh Drs. Supriyono, M.Si. Beberapa agenda yang sudah dilakukan oleh himpunan alumni tersebut adalah acara temu alumni, diskusi, dan pemberian hibah buku kepada Program oleh Himpunan Alumni.

Kontak

Ketua Program Studi S-2 Ekonomi Pembangunan:

Evi Gravitiani, Dr., S.E, M.Si

E-mail: mesp@unit.uns.ac.id