24 Feb 2020

FEB UNS harus Merespon Gagasan Kampus Merdeka

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB UNS) harus mampu merespon gagasan yang dicetuskan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim tentang Kampus Merdeka.

Salah satu gagasannya adalah formula pembelajaran 5, 3. Mahasiswa mengikuti proses pembelajaran di kampus selama 5 semester dan di 3 semester berikutnya mahasiswa melakukan pembelajaran dilakukan diluar kampus; di universitas lain ataupun di daerah-daerah.

Penyataan itu disampaikan Dekan FEB UNS, Prof. Drs. Djoko Suhardjanto, M.Com.(Hons)., Ph.D., Ak .dalam. sambutannya dalam acara Reuni Alumni FEB UNS angkatan 1990 yang digelar di Selasar Gedung 1 FEB UNS.

Lebih lanjut disampaikan, gagasan yang dilontarkan Mendikbud tersebut harus sungguh-sungguh kita tanggapi agar FEB UNS tidak tertinggal dalam percaturan dunia.

Dalam hal akreditasi , sembilan kriteria menstandarkan 80% lulusannya harus terserap oleh industri atau mampu menciptakan lapangan kerja. Dalam hal ini alumni sangat memiliki peran dalam mendesain kurikulum bersama-sama dengan dosen dan pihak industri .