24 Feb 2020

Dosen FEB UNS ikuti In House Training Export Import, Logistics & Freight Forwarder

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB UNS) bekerja sama dengan Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Institute menggelar In House Training Export Import, Logistics & Freight Forwarder, Senin-Kamis, 10-13 Februari 2020 di Ruang Student Lounge Gedung IV Lt 1 FEB UNS.

Kegiatan yang diikuti oleh 16 orang Dosen FEB UNS dibuka langsung oleh Prof. Drs. Djoko Suhardjanto, M.Com.(Hons)., Ph.D., Ak., Dekan FEB UNS.

Dalam sambutannya, Prof. Djoko menyampaikan kegiatan ini sebagai upaya merespon gagasan yang dicetuskan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia, Mas Nadiem Anwar Makarim tentang Kampus Merdeka.

Dekan FEB UNS (tengah) membuka pelatihan

Salah satu gagasan Mendikbud yang sangat perlu kita respon dengan cepat adalah formula pembelajaran 5, 3. Mahasiswa mengikuti proses pembelajaran di kampus selama 5 semester dan di 3 semester berikutnya mahasiswa melakukan pembelajaran dilakukan di luar kampus; di fakultas lain, universitas lain, di daerah-daerah ataupun di industri.

“Untuk pembelajaran di luar kampus , saya lebih setuju kalau mahasiswa melakukan pembelajaran di industri-industri” tegasnya

Kegiatan ini juga sebagai upaya kita mendekatkan antara dunia kampus dengan dunia nyata. Mahasiswa diharapkan mulai membumi, mulai memahami apa yang terjadi.

Selain itu, akreditasi sembilan kriteria menstandarkan 80% lulusan dari sebuah perguruan tinggi harus terserap oleh industri atau mampu menciptakan lapangan kerja, jika tidak maka nilai akreditasinya dapat diturunkan.

Gagasan yang dilontarkan Mendikbud tersebut harus sungguh-sungguh kita tanggapi agar FEB UNS tidak tertinggal di kancah nasional maupun internasional.

Dan hasil dari kegiatan ini, keenam belas dosen yang mengikuti pelatihan diharapkan mampu mentransfer ilmu yang didapatkan dalam pelatihan  kepada para mahasiswa.

Diakhir sambutannya, Dekan mengatakan  bahwa kerjasama dengan pihak industri perlu kita tingkatkan. Laboratorium-laboratorium yang ada di FEB UNS bisa dimanfaatkan sebagai tempat pelatihan dengan mendatangkan juga peserta dari berbagai instansi dan perguruan tinggi lain.

Dua narasumber dari Alfi Institute di hari pertama pelatihan

Kegiatan yang berlangsung selama empat hari tersebut dipandu oleh 6 orang trainer dari ALFI Institute. Beberapa materi yang disampaikan diantaranya Freight Forwarding Services & Multimoda Transport, Packaging & Dokumen Exim, Sales Contract & Documentary Credit, Other International Payment, Kepabeanan Ekpor Impor serta Trade Facilitation & SKA, Klasifikasi Barang Internasional.

 

Editor: Drs. BRM. Bambang Irawan, M.Si.