03 Apr 2020

Adaptasi Gagasan Kampus Merdeka, FEB UNS Persiapkan Pembelajaran

Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS (FEB UNS) menyelenggarakan Rapat Dewan Dosen dengan Agenda Persiapan Perkuliahan Semester Genap Februari-Juli 2020, Kamis 20/2/2020 di Aula Gedung 3 FEB UNS.

Rapat yang dipimpin oleh Dekan FEB UNS, Prof. Drs. Djoko Suhardjanto, M.Com.(Hons)., Ph.D., Ak diikuti oleh Dosen, Tenaga Kependidikan FEB UNS dan juga Dosen Luar Biasa (DLB) .

Adaptasi gagasan Kampus Merdeka yang dicetuskan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim menjadi fokus utama dalam pembahasan rapat, terutama dalam mendesain pola pembelajaran dan juga akreditasi kampus.

Prof. Djoko Suhardjanto di awal acara menyampaikan,  gagasan Mendikbud yang sangat perlu kita respon dengan cepat adalah formula pembelajaran “lima tiga”. Mahasiswa mengikuti proses pembelajaran di kampus selama 5 semester dan di 3 semester berikutnya mahasiswa melakukan pembelajaran dilakukan di luar kampus, di prodi lain, di fakultas lain, di universitas lain, di daerah-daerah ataupun di industri.

Selanjutnya dikatakan, salah satu substansi Permendikbud no 5 tahun 2020 tentang akreditasi menyatakan bahwa prodi ataupun perguruan tinggi yang telah terakreditasi A berhak menyandang akreditasi selama 25 tahun, namun tetap akan dilakukan evaluasi lima tahunan. Salah satu indikator yang menjadi penilaian evaluasi adalah (1) Apabila terjadi penurunan minat mahasiswa; (2) Keterserapan di pasar kerja harus 80%; dan (3) laporan masyarakat. Saat ini seluruh Prodi di FEB UNS sudah terakreditasi A, sehingga perlu upaya keras untuk mempertahankannya.

Prof. Djoko mengharapkan, gagasan tersebut harus ditanggapi secara serius oleh seluruh civitas akademika FEB UNS dan perlu kerja keras yang  dilakukan bersama-sama dan bergotong royong.

Adaptasi gagasan Kampus Merdeka sudah akan diterapkan FEB di semester ini, diantaranya dengan membentuk team teaching yang salah satu pengajarnya adalah dari praktisi atau pengajar ahli dari industri atau instansi lain baik dari dalam atau luar negeri. Selain itu, para dosen akan dilatih pembelajaran dengan sistem daring atau dengan media online, untuk selanjutnya mampu mengaplikasikan di setiap matakuliah yang diampu.

Di akhir acara, fakultas memberikan penghargaan kepada sembilan dosen yang berprestasi dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dosen berprestasi di bidang penelitian: Prof. Doddy Setiawan, Prof. Rahmawati.,Irwan Trinugroho, Ph.D; Di bidang pengabdian pada masyarakat: Prof. Rahmawati, Bambang Sarosa, M.Si, Nunung Sri Mulyani , M.Si; Dibidang pendidikan: Riwi Sumantyo, M.M, Sunarjanto, M.M, Sulardi, M.SI,Ak. (Humas)

 

Editor: Drs. BRM. Bambang Irawan, M.Si.